Minggu, 31 Oktober 2010

Proses Dasar Dalam Kelompok : STORMING

proses konflik :
disagreement → confrontation → escalation → deescalation → conflict resolution

Disagreement
perlu segera diidentifikasi masalahnya : salah paham atau bukan? urgent atau tidak?

Confrontation
terjadi pertentangan terbuka (verbal attack) yang menghasilkan polarisasi anggota kelompok

Escalation
konflik makin tajam , anggota makin kasar, menghasilkan distrust, frustration, dan negative reciprocity

Deescalation
keadaan dimana konflik mulai menurun

Conflict Resolution
akhir dari konflik, bisa berupa good ending atau bad ending

Mengolah konflik

1. Negosiasi :
- distributive issues : satu pihak puas, satu pihak lain mengikuti keputusan pihak yang puas
- integrative issues : = win-win solution

2. Membangun Kepercayaan : komunikasi keinginan individu dengan hati-hati

Mengapa terjadi konflik?

* Interdependence : jika bersifat kompetitif, lebih berpotensi untuk menimbulkan konflik
* Influence strategies : mempengaruhi orang lain dengan reinforcement negatif → konflik
* Misunderstanding & Misperception

Sumber : Handout Psikologi Kelompok Universitas Gunadarma. Klara Innata Arishanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar