proses konflik :
disagreement → confrontation → escalation → deescalation → conflict resolution
disagreement → confrontation → escalation → deescalation → conflict resolution
Disagreement
perlu segera diidentifikasi masalahnya : salah paham atau bukan? urgent atau tidak?
Confrontation
terjadi pertentangan terbuka (verbal attack) yang menghasilkan polarisasi anggota kelompok
Escalation
konflik makin tajam , anggota makin kasar, menghasilkan distrust, frustration, dan negative reciprocity
Deescalation
keadaan dimana konflik mulai menurun
Conflict Resolution
akhir dari konflik, bisa berupa good ending atau bad ending
Mengolah konflik
1. Negosiasi :
- distributive issues : satu pihak puas, satu pihak lain mengikuti keputusan pihak yang puas
- integrative issues : = win-win solution
2. Membangun Kepercayaan : komunikasi keinginan individu dengan hati-hati
Mengapa terjadi konflik?
* Interdependence : jika bersifat kompetitif, lebih berpotensi untuk menimbulkan konflik
* Influence strategies : mempengaruhi orang lain dengan reinforcement negatif → konflik
* Misunderstanding & Misperception
Sumber : Handout Psikologi Kelompok Universitas Gunadarma. Klara Innata Arishanti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar